Nyetir Mobil Manual: Lepas Kopling atau Gas Terlebih Dahulu saat Akselerasi Awal


JDDC - Saat pertama kali belajar mengemudikan mobil manual, hal tersulit yang banyak pengemudi pemula rasakan adalah ketika akselerasi awal.

Keseimbangan yang tidak tepat saat melepas pedal kopling dan menginjak pedal gas, berpotensi menyebabkan mobil mengalami engine stall atau mati mesin.

Dalam langkah-langkah akselerasi awal, tidak jarang sebagian dari pengemudi pemula masih bingung, apakah harus menginjak pedal gas terlebih dahulu atau justru melepas pedal kopling dahulu.

Mencoba menjawab pertanyaan itu, Senior instructor sekaligus founder dari Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC) Jusri Pulubuhu, menjelaskan idealnya yang pertama dilakukan, yakni melepas pedal kopling dahulu secara perlahan.

Harusnya tahap awal setelah rem tangan dilepas itu, pengemudi juga mengangkat kaki kiri dari pedal kopling secara perlahan berbarengan dengan mengangkat kaki kanan dari pedal rem," jelas Jusri.

Lanjut Jusri, dalam kondisi jalan datar dan mobil sehat, seharusnya mobil manual sudah bisa bergerak maju secara perlahan saat pedal kopling diangkat. Barulah, apabila mobil dipastikan tidak akan mengalami engine stall dan sudah melaju stabil, injaklah pedal gas secara perlahan.

"Rasakan momentum pergerakan mobil, dan tambah tenaganya dengan menginjak gas pelan-pelan," tambah Jusri.

Kendati demikian, tahapan itu dikatakan Jusri bisa saja berbeda, jika memulai akselerasi di jalan menanjak curam. Sebab, saat memulai akselerasi di tanjakan curam, mobil membutuhkan tenaga dan torsi yang lebih besar.

Untuk membiasakan tahapan awal akselerasi itu, terutama agar tidak mengalami engine stall, Jusri pun menganjurkan agar pengemudi pemula rutin mencoba dan berlatih di area yang aman dan tertutup.

Dengan rutin berlatih, maka sense dan feeling seorang pengemudi terhadap mobil manual akan meningkat.

(kumparan.com)


Road Safety Info

 

Saat Hujan, Pemotor

Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengungkapkan, berteduh di bawah

More