Libur Akhir Tahun, Perhatikan Posisi Tangan di Setir Selama Perjalanan


JDDC - Bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan akhir tahun, pastikan mengatur posisi mengemudi yang nyaman namun tetap aman.
 
Pasalnya saat melakukan perjalanan libur akhir tahun dengan mobil, pemilik mobil cenderung melakukan rute perjalanan dengan jarak cukup jauh.
 
Salah satunya adalah cara memegang setir yang benar saat perjalanan libur akhir tahun.
 
"Posisikan jarak tangan dengan setir tidak terlalu jauh atau dekat, buat sudut siku tangan sekitar 35 derajat," jelas Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) saat dihubungi GridOto.com (28/6).
 
Posisi ini memberikan keuntungan pengemudi agar tangan tetap leluasa bermanuver namun tidak cepat lelah karena tangan rileks, tidak cenderung tegak lurus.
 
Ketika memegang setir, posisikan telapak tangan kiri dan kanan pada luar setir dan sejajar poros lurus.
 
Poros lurus ini juga harus mengikuti ukuran lingkar setir, dimana semakin kecil lingkar setir semakin jauh juga jarak antara tangan kiri dan kanan.
 
Semakin besar lingkar setir, posisi tangan harus sedikit ke bawah dan jarak antar tangan semakin dekat untuk memudahkan memutar lingkar setir.
 
"Hindari memasukkan jempol tangan ke dalam kolom setir untuk mencegah cedera ketika memutar setir mendadak untuk bermanuver," tegas Jusri.
 
(gridoto.com)

Road Safety Info

 
Perhatikan Ini Agar

JDDC - Hujan yang mengguyur Jakarta dari siang hingga sore ini, menyebabkan banyak ruas jalan di Ibu

More




Perhatikan Risiko

Peresmian jalan bebas hambatan yang menghubungkan Jakarta hingga Surabaya sudah diresmikan. Untuk

More