Wajib Tahu, Komposisi Pas Penumpang dan Barang dalam Mobil


JDDC - Mobil pribadi masih jadi transportasi favorit masyarakat Indonesia untuk menempuh perjalanan jauh.

Nah, Khusus pengguna mobil berkapasitas 7 penumpang, sebaiknya perlu tahu berapa komposisi penumpang dan barang yang aman saat menempuh perjalanan jauh.

Menurut instruktur dan founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, jangan memasukkan banyak barang ke dalam kabin penumpang.

"Sebenarnya ini sangat subyektif sekali, tapi bisa dikatakan komposisinya 80:20. Artinya penumpang 80 persen, barang 20 persen. Ini berlaku untuk mobil 7 penumpang seperti SUV dan MPV, yang kompartemen barangnya tidak terpisah," kata Jusri kepada detikcom, belum lama ini.

BACA JUGA : 

KAPAN PENUMPANG KENDARAAN UMUM DIWAJIBKAN PAKAI SEAT BELT?

Lanjut Jusri menjelaskan, saat menempuh perjalanan jauh menggunakan kendaraan roda empat, kenyamanan penumpang adalah hal yang utama, sehingga tidak perlu membawa barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

"Barang-barang yang boleh dibawa masuk ke ruang kabin penumpang, pertama adalah kebutuhan logistik, seperti makanan dan minuman. Kemudian pakaian cadangan," saran Jusri.

Kemudian jika terpaksa harus membawa benda-benda keras seperti koper, Jusri menyarankan supaya diikat dengan kuat.

"Harus terikat di tempatnya dan tidak bergerak dan pastikan juga bagian barang dan penumpang itu ada namanya cargo net. Untuk menjaga keamanan ketika seumpama mobil terjadi kecelakaan, objek yang keras tadi itu tidak terbang memasuki ruangan penumpang. Termasuk dongkrak dan ban, juga koper juga harus diikat," pungkasnya.

detik.com


Road Safety Info