Gandeng JDDC, HDCI Gelar Safety Riding untuk Para Member


JDDC - Dalam rangka Pahlawan Ride dan Gathering HDCI Surabaya 2019, Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) Chapter Surabaya, menggelar kegiatan safety riding training.

Kegiatan berlangsung di Pakuwon City, Minggu (17/11).

Sebagaimana moto HDCI, No Complaint, No Accident, Now program yang menjadi agenda rutin tahunan HDCI Surabaya inis seperti biasanya, pada setiap kegiatan safety riding ini, HDCI Surabaya selalu menggandeng praktisi safety riding dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu.

Jusri tidak hanya memberikan ilmunya secara teori.

Pria humble dan energik ini juga langsung mempraktikan ilmunya kepada pada anggota HDCI Surabaya, yang saat itu datang dengan jumlah anggota sebanyak 120 orang.

BACA JUGA : BUKAN METER, JARAK AMAN BERKENDARA DIHITUNG SATUAN DETIK SOB!

Di tengah cuaca terik dengan sengatan matahari yang begitu terasa pedas di kulit, seluruh peserta safety riding training yang kebanyakan diikuti oleh anggota baru HDCI Surabaya, nampaknya begitu berat, tapi tidak menyurutkan semangat mereka untuk memperdalam ilmu bagaimana menaklukan kendaraan yang memiliki berat tidak lazim ini.

Materi praktek yang diberikan oleh instruktur Jusri Pulubuhu yang sudah memiliki pengalaman di dalam dan luar negeri ini meliputi, pengereman mendadak, waktu reaksi, jarak tempuh, titik berhenti, keseimbangan, kecepatan, posisi tubuh, membuat putaran pendek bahkan melewati beberapa rintangan yang sudah disiapkan oleh pihak penyelenggara.

Tidak sedikit dari mereka yang harus jatuh bangun ketika melintasi setiap lokasi ujian, terutama lintasan pendek harus ‘rebah’ alias terjatuh, karena memang sulit untuk menyeimbangkan antara motor dengan tubuh, karena bobot Harley-Davidson yang begitu berat. Di sinilah tantangan para member HDCI Surabaya, bagaimana caranya mereka bisa menaklukan kuda besi mereka.

Dari lokasi kegiatan safety riding traing, Ketua Kabid Touring HDCI Surabaya Bro Indra Tatoo menuturkan,”Kegiatan safety riding ini sangat kita wajibkan untuk member HDCI Surabaya terutama member baru agar lebih tahu dan paham berlaku berlalu lintas di jalan raya. Dengan adanya safety riding training ini diharapkan para member bukan hanya bisa mengendarai motor, mereka juga harus tahu teknis dasar berkendara yang baik dan benar. Semoga kegiatan ini bisa dicontoh oleh komunitas lain,” jelas Indra.

HDCI Surabaya sudah menaruh program safety riding sebagai kebutuhan mendasar setiap membernya. Ketua HDCI Surabaya, Tonny Wahyudi nampaknya menaruh perhatian khusus bagi keselamatan membernya supaya bisa berguna bagi bikers lain, keluarga di rumah, dan masyarakat, khususnya masyarakat Surabaya.

(otomotif1.com)


Road Safety Info