Begini Cara Aman Mengerem Motor Saat Hujan


JDDC - Cara melakukan pengereman yang baik dan aman tentu harus dibekali dengan pemahaman yang cukup terhadap akibatnya. Apalagi saat musim penghujan dengan kondisi permukaan jalan yang biasanya lebih licin dibandingkan saat musim kemarau atau panas.

Untuk itu, pengguna kendaraan khususnya sepeda motor harus tahu menganalisa kondisi jalan dan bagaimana menyikapinya saat bermotor termasuk cara pengereman yang tepat saat menghadapi jalan yang licin karena basah dan ada genangan air.

Menanggapi kebiasaan pemotor yang cenderung melakukan pengereman tanpa perhitungan, dendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu kepada JawaPos.com mengatakan saat hujan, kondisi permukaan jalan baik aspal maupun lainnya cenderung licin karena itu otomastis jarak pengereman akan lebih jauh dari biasanya.

"Kondisi permukaan jalan pada saat hujan lebih licin dari biasanya sehingga jarak pengereman mobil atau motor akan lebih jauh dan perlu diperhitungkan dengan baik, agar tidak jadi slip dan sebagainya," kata Jusri pada JawaPos.com beberapa waktu lalu.

Ia menghimbau agar pada saat hujan atau jalan basah pemotor tidak pernah melakukan pengereman darurat atau pengereman spontan karena ketika itu dilakuan motor bisa saja slip terguling, melintir dan seterusnya. Ini merupakan hal yang paling berbahaya.

BACA JUGA :  IDE SIM SEUMUR HIDUP ANCAM KESELAMATAN BERKENDARA

"Saat hujan kita tidak bisa mengerem dengan cara melakukan pengereman darurat. Menarik tuas rem secara spontan. Yang ada ya Anda pasti jatuh. roda yang terkunci secara tiba-tiba ditambah jalan licin, otomatis akan menyebabkan motor tergelincir dan jatuh," jelas pria yang mengenyam ilmu defensive driving di Negeri Paman Sam ini.

BACA JUGA : HINDARI PELAKU KRIMINAL, JANGAN PAKAI PERHIASAN BERLEBIH DAN MAIN HP DI MOBILTerkait pengereman pada saat hujan, Jusri menyarankan agar pemotor benar-benar sadar ketika ingin melakuakn pengereman. Tidak asal menarik tuas rem. Karena itu, fokus dan konsentrasi saat berkendara tetap harus dijaga.

BACA JUGA : KENAPA BERKENDARA MALAM JARAK JAUH TAK DISARANKAN

"Untuk semua kondisi, pengereman harus direncanakan. Lakukan  pengereman secara halus dan bertahap. Jangan ada  pengereman spontan dan refleks. Lebih-lebih sepeda motor. Hati-hati tangan atau jari jangan ditaruh di tuas rem depan. Karena ketika kaget dengan objek tertentu tangan anda secara spontan menarik tuas rem dan pasti berakibat buruk," tukasnya.

(Jawapos)


Road Safety Info

 



Saat Hujan, Pemotor

Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengungkapkan, berteduh di bawah

More


Cara Aman Ibu Hamil

JDDC - Mengemudi menempuh perjalanan jarak jauh mengisi libur Natal dan Tahun Baru 2020 menggunakan

More